Senin, 30 Mei 2011

Korupsi yang Berhubungan dengan PEMERASAN & KECURANGAN versi KITA-KITA

Pemerasan juga bisa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Nggak perlu banyak contoh, ada satu bentuk pemerasan yang pasti kamu kenal dengan baik yaitu ... ... ... PALAK-MEMALAK! Yoi, betul banget. Tiap kali kamu memalak uang dari ade kelas atau orang lain, itu artinya kamu udah melakukan pemerasan. Nggak ada bedanya sama pegawai negeri yang memeras orang yang seharusnya dia layani. Kesamaan kamu ama dia? Sama-sama korupsi!
Kecurangan juga bisa terjadi dalam kehidupan kita seharihari. Nggak perlu banyak contoh, ada satu bentuk kecurangan yang pasti kamu kenal dengan baik, yaitu ... ...
Nyontek
Kamu lagi ulangan mata kuliah Teori Sosiologi Modern. Tiap beberapa menit, kamu lirik sana sini. Yoi, kamu nyontek dan kamu udah korupsi. Bayangin dong teman kamu udah susah-susah belajar, sementara kamu enggak. Nggak adil banget kalo ternyata nilai kamu dan dia sama-sama bagus. Mending kalo masih sama-sama bagus, terkadang milikmu lebih bagus dari yang kamu buat nyontek. Yang dikorupsi?, apalagi kalo bukan ILMU!
Bolos Sekolah/Kuliah
Ini juga sama aja; salah satu bentuk kecurangan. Kok curang? Ya jelas, bRoo.. tugas kamu sebagi pelajar kan belajar dengan baik dan benar. Kalo sampe bolos, kamu udah mengkorup waktu kamu sebagai pelajar. Kamu boleh nganggep ini hal biasa, tapi ingat: dari pola pikir kayak gini, bibit korupsi bakal tumbuh dan mengganas di kemudian hari!







2 komentar:

aktif sekali nulisnya ... heheh

thanks yaa.. saran dan kritik.. untuk lebih baik sangat saya harapkan...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites