Senin, 30 Mei 2011

Korupsi yang Berhubungan dengan PENYALAHGUNAAN JABATAN VERSI KITA-KITA

Jangankan pegawai negeri yang punya jabatan, kita-kita aja kalo udah berurusan ama duit, kayaknya selalu ngadepin godaan untuk nilep. Contohnya, dalam kehidupan sehari-hari juga lumayan banyak.
Nyalahgunain Uang Orang lain
Jabatan kamu keren: ketua OSIS. Seperti biasa, tiap akhir tau kamu musti bikinlaporan pertanggungjawaban keuangan. Di situ kamu nulis kalo saldo OSIS yang tersisa 7 juta. Padahal itu bohong berat: ada Rp 1,5 juta yang kamu kantongin sendiri. Apa kamu Ketua OSIS yang baik? Nggak banget dech.. kamu justru Ketua OSIS yang sekorup bajak laut!
Malsuin Bukti
Jabatan kamu masih keren: Manajer Tim Sepak Bola Sekolah. Tiap pulang tanding, kamu seharusnya ngasih bon lapangan ke guru kamu. Nah, kebetulan kamu kenal dengan orang yang punya bus. Trus, kamu minta dech ke dia, “pssst, nanti di bon tolong tulis kalo biayanya Rp 150 ribu ya!” padahal biaya seharusnya Cuma- Rp 100 ribu. Ini artinya kamu memalsukan bukti dan udah jadi manajer yang korup!
Ngebiarin Orang lain malsuin Bukti
Ternyata palsu-memalsukan bon biaya kegiatan ekskul nggak cuma dilakuin oleh kamu, tetapi juga pengurus-pengurus lainnya. Mulai dari voli sampe tim debat, semua pada sibuk nimbun duit haram. Kalo kamu tau tentang hal ini dan diem aja, itu artinya kamu korupsi!

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites