Senin, 30 Mei 2011

Korupsi yang Berhubungan dengan PENGADAAN & GARTIFIKASI versi KITA-KITA

Sebagai remaja, proses pengadaan mungkin jarang banget atau malah nggak pernah kita hadapi. Tapi esensinya tetap bisa kita temuin daam kehidupan sehari-hari: adanya kepentingan yang bertabrakan.
Benturan Kepentingan di Acara Sekolah
Jabatan kamu banyak: selain jadi gitaris di sebuah band, kamu juga baru kepilih jadi ketua panitia pensi sekolah. Seperti biasa, untuk nyeleksi band sekolahan yang bakal tampil, diadain audisi. Eeeh..., kamu malah bikin keputusan kalo band kamu boleh tampil begitu aja. Tanpa audisi, tanpa seleksi, ini namanya kamu udah korupsi PengadaaN!

Sama seperti pengadaan, rasanya kita jarang banget nerima yang namanya gratifikasi. Tapi prinsipnya sama: kamu korupsi kalo nrima hadiah yang nggak layak untuk kamu dapetin.
Hadiah dari GURU
Ulangan bahasa Inggris kamu jeblok. Tapi karena guru bahasa Inggris kamu kenal baik ama ortu, dia memutuskan untuk ngasih kamu hdiah: nilai kamu didongkrak! JANGAN keburu seneng: klao kamu nge-iya-in guru kamu, artinya kamu udah korupsi!
Hadiah dari TEMAN
Suatu hari pacar kamu bolos dari sekolah. Dia minta tolong kamu untuk ngabsenin namanya. biasaLah: biar dikira masuk. Permintaannya kamu kabulin. Tau-tau sorenya dia mampir ke rumah sambil membawa boneka yang udah lama kamu incer. Romantis? Boro-boro. Yang ada malah menyedihkan...

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites