Senin, 23 Mei 2011

Gara-gara Korupsi

korupsi berasal dari kata berbahasa latin,corruptio. kata ini mempunyai kata kerja corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balikka atau menyogok.tapi intinya jelas, mau dilihat dari sudut pandang apapun juga- agama, hukum, korupsi adalah tindakan yang salah. salah karena merugikan negara dan bikin sengsara masyarakat kita, bahkan bikin malu bangsa ini di mata duniabanyak hal yang terjadi GaRa-GaRa korupsi, diantaranya:
1. penegakan hukum dan layanan masyarakat jadi amburadul
lalu lintas kayaknya bisa jadi contoh yang pas. dari ngurus SIM sampai sidang kasus tilang, nggak ada lagi yang berjalan sebagaimana mestinya. ujung-ujungnya duit dan kekuasaan yang berbicara. kalo nggak punya dua makhluk itu, jangan harap bisa dapat layanan masyarakat yang oke atau keadilan di mata hukum.
2. pembangunan fisik jadi terbengkalai
suka bingung kenapa banyak jalanan rusak atau gedung sekolah reyot? yup, lagi-lagi semua karena korupsi. mulai dari mengorbankan kualitas bahan bangunan supaya duitnya bisa ditilep, sampai bikin proyek yang sebenarnya nggak perlu. intinya sedikit banget pembangunan fisik di negara kita yang dijalanin dengan tujuan menghasilkan sesuatu yang kuat dan berguna buat masyarakat.
3. Prestasi jadi nggak berarti
seharusnya, orang bisa menduduki jabatan tertentu karena dia emang berprestasi dan kompeten. tapi kenyataan bicara lain: siapa yang menduduki posisi apa aja. syaratnya? yaitu tadi, punya uang atau kekuasaan. Hasilnya? banyak banget yang posisi penting yang diduduki oleh orang yang yang nggak becus. kita-kita lagi dech yang kena getah.
4. Demokrasi jadi nggak jalan
pemilihan wakil daerah bisa jadi contoh yang menarik. Abis, udah repot-repot dipilih, sebagian tetep aja lebih mengutamakan kepentingan mereka yang punya duit ketimbang mereka yang memilih. Ngeliat situasi ini, jangan heran kalo rakyat bisa jadi nggak percaya sama demokrasi.
5. Ekonomi jadi hancur
ada dua kata kuncinya: nggak efisien. mau bikin pabrik, musti nyogok sana sini. mau buka usaha dengan dengan modal kecil, kalah sama perusahaan-perusahaan bermodal gede yang deket dengan ama pemegang kekuasaan. Nggak heran orang asing mulai males investasi di Indonesia. buntut-buntutnya, kita-kita juga yang sengsara. nyari kerja jadi susah, bertahan hidup apa lagi.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites